Powered By Blogger

Rabu, 16 November 2011

Jeep Willys


Willys Quad
Pada bulan Juni 1940, pada masa Perang Dunia II, Angkatan Darat AS menawarkan pembuatan mobil dengan berat ¼ ton (kendaraan reconnaissance ringan) sesuai dengan spesifikasi Angkatan Darat AS.

Hanya tiga perusahaan menjawab yaitu Banten, Willys, dan Ford.  tetapi, dalam waktu satu tahun, mereka secara kolektif menghasilkan prototype kendaraan dikenal di seluruh dunia sebagai "jip".
Willys-Overland
menyuguhkan prototype "Quad" sistem 4X4 untuk Angkatan Darat AS pada Hari Gencatan Senjata (Hari Veteran), November 1940. Desain itu selesai dalam 75 hari.


Willys MA
Willys MA menampilkan perpindahan gigi pada kolom kemudi, bodi yang ramping, instrumen melingkar pada dashboard, dan rem tangan di sisi kiri. 

Willys berjuang untuk mengurangi berat Jeep agar sesuai dengan spesifikasi Angkatan Darat AS. Banyak item yang dihapus pada Willys MA untuk mencapai tujuan renovasi ulang pada generasi MB.
Setelah pengujian yang sulit, Willys Overland dianugerahi kontrak pada bulan Juli tahun 1941
dan menyerukan untuk produksi 16.000 model MB yang direvisi. Sebagian besar MA dikirim ke Sekutu Amerika Serikat di Rusia dan Inggris di bawah program Lend-Lease.
Willys MA adalah Jeep Willys yang paling langka dari semua produksi Willys dengan hanya sekitar tiga puluh model yang diproduksi.


Willys MB
Willys MB adalah sebuah legenda. Willys MB, sudah ditempa oleh api pertempuran dan terasah dalam panasnya pertempuran. MB mulai berevolusi dalam militer di Angkatan Darat AS. Willys MB ternyata sangat serba guna. Willys MB bisa dilengkapi dengan senapan caliber 30 atau 50. Willys MB juga banyak dimodifikasi untuk berbagai kendaraan patroli di padang gurun, sebagai kendaraan pemadam kebakaran, ambulans lapangan, dan dengan roda yang sesuai, bahkan dapat berjalan di rel kereta api.

Ukuran Willys MB yang kecil dapat dimuat ke pesawat transportasi untuk mobilisasi cepat dan juga dapat masuk ke dalam pesawat besar yang digunakan dalam invasi Eropa. Selama perang, Willys MB disesuaikan dan dikembangkan untuk kondisi musim dingin dan padang pasir dan kebutuhan tempur lain.
Jenderal George C. Marshall, AS Kepala Staf Angkatan Darat selama Perang Dunia II, dan Menteri Luar Negeri AS, menggambarkan Jeep 4x4 sebagai "sumbangan terbesar Amerika untuk perang modern". Jenderal Dwight D. Eisenhower dengan percaya diri menyatakan, "Amerika tidak bisa menang Perang Dunia II tanpa itu (Jeep 4x4)."
Reporter Ernie Pyle pernah berkata, "dia sudah pergi mana-mana… apakah dia setia seperti anjing? sekuat keledai? dan tangkas sebagai kambing?"
New York Museum of Modern Art memasukan Willys MB 1941 dikoleksinya dan dianggap sebagai "karya seni."


Willys M38 (MC)
Pada dasarnya versi siap tempur dari CJ-3A, adalah Willys M38, atau Willys MC. Willys M38 adalah kendaraan Jeep militer pertama pasca Perang Dunia II.

Willys M38 membawa beberapa perubahan kunci antara lain rangka lebih kuat dan suspensi lebih nyaman. Willys M38 mirip dengan Willys MB asli dan dikenal sebagai, "yang terbaik".


Willys M-38A1 (MD)
M-38A1, juga dikenal sebagai MD, yang kemudian menjadi kiblat bagi CJ-5. M-38A1 menampilkan dua potong kaca, wheelbase lebih panjang, suspensi lebih lembut, mesin yang lebih kuat, tubuh lebih bulat. The "round-fender" kendaraan Jeep akhirnya akan menjadi dasar bagi CJ-5.

Pada tahun 1951, Museum of Modern Art menyatakan 4x4 Jeep sebagai ikon budaya dan memberi gelar sebagai salah satu dari delapan karya otomotif di dunia.
Pada tahun 2002, Willys M-38A1 ditambahkan ke koleksi Museum of Modern Art sebagai kendaraan yang signifikan dan menggambarkannya sebagai kendaraan terbaik yang pernah dibangun Jeep.
M-38A1C yang dimodifikasi khusus diproduksi melalui 1971, dirancang untuk menopang senapan 106mm dan 105mm recoilless. Sebuah celah di kaca depan memungkinkan laras senapan untuk bersandar di kap depan.
Kendaraan apa yang paling "kuat" yang pernah dibangun Jeep? Beberapa orang akan mengatakan M-38A1.
Willys M-38A1 adalah salah satu kendaraan abadi sebagai Jeep militer. Beberapa orang menyebutnya "benar-benar kendaraan Jeep militer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar