Powered By Blogger

Senin, 15 Agustus 2011

Iler / daun mayana, Coleus scutellarioides Linn


Batang pohon herba tegak dan merayap dengan tinggi batang pohonnya berkisar 30 cm sampai 150 cm, mempunyai penampung batang berbentuk berbentuk segi empat dan termasuk katagori tumbuhan basah yang batangnya mudah patah.
Daun berbentuk hati dan pada setiap tepiannya dihiasi oleh jorong-jorong atau lekuk-lekuk tipis yang bersambungan dan didukung oleh tangkai daun dan memiliki warna yang beraneka ragam.
Bunga berbentuk untaian bunga bersusun, bunganya muncul pada pucuk tangkai batang. Iler dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter dpl.

Ambeien
17 lembar daun iler, 7 lembar daun ngokilo, 3 rimpang umbi kunyit (3 cm). Seluruh bahan direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih & diminum  1 kali sehari 1 gelas

Diabetes mellitus
Tumbuhan iler lengkap (Batang, daun, bunga), adas pulawaras secukupnya. Seluruh bahan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

Demam dan Sembelit
1 potong daun dan batang iler. Bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.

Sakit perut
3 potong akar iler. Bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, diminum pagi dan sore.

Terlambat haid
Daun iler secukupnya. Bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, diminum menjelang tanggal bulan haid.

Bisul
Daun Iler secukupnya, Minyak kelapa secukupnya. Daun iler diolesi minyak kelapa, kemudian dipanggang. Dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian bagian yang bisul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar