Powered By Blogger

Jumat, 19 Agustus 2011

Kacapiring, Gardenia augusta, Merr.


Kacapiring (Gardenia) banyak dipelihara orang sebagai tanaman hias atau pagar hijau yang memiliki aroma bunga harum. Kacapiring termasuk tumbuhan perdu yang berumur tahunan serta banyak memiliki cabang, ranting maupun daun yang lebat.
Kacapiring mudah tumbuh disembarang tempat, baik di daerah dingin maupun panas. Namun, tumbuhan ini lebih cocok di daerah pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 meter di atas permukaaan laut.
Batang pohonnya mampu mencapai ketinggian berkisar 1-2 meter. Bunganya berukuran besar, indah mirip dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun membentuk satu kesatuan yang anggun. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan mengkilap pada permukaan telapak daun bagian atasnya. Karena keharuman bunganya, kacapiring mempunyai nilai komersial untuk dibuat minyak wangi.

Diabetes Mellitus
12 lembar daun kacapiring direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, diminum sekaligus dan diulangi secara rutin setiap hari.

Sariawan
7 lembar daun kacapiring, 2 sendok makan madu dan 1 potong gula aren.
Daun kacapiring diremas-remas dan ditambah dengan 1 cangkir air dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan gula aren tersebut dan diaduk sampai merata, diminum dan diulangi setiap dua hari sekali.

Demam
7 lembar daun kacapiring dan 1 potong gula batu
Daun kacapiring diremas-remas dengan 1 gelas air dan disaring. Kemudian dicampur dengan gula batu dan diaduk sampai merata lalu diminum

Susah buang air besar (BAB)
3 biji buah kacapiring direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas lalu diminum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar